Senin, 18 April 2011

BOLU KUKUS CERIA


Tarararararar....aku terbebas dari kutukan si BOLKUS....heheheh.
Bolkus ini aku buat dalam rangka event mils NCC "BOLKUS WEEK".
Dari intip-intip dapur mbak Devi Mojo, aku langsung tanya aja dia pake resep siapa.
Dan mbak Devi yang baik hati mau share resepnya. Ini dia resepnya ( aku bikin 1/2 resep ):

BOLU KUKUS SANTAN
Source : Yeni Agogo (contekan dari mbak Devi Mojo, thanks ya mbak)

Bahan :
500 gram gula pasir
500 gram tepung terigu
200 cc santan kara ( aku pake susu cair, coz itu yg ada di kulkas )
200 cc minuman Sprite
6 butir telur
1 sdm emulsifier
vanilli secukupnya
aneka pasta untuk warna dan aroma
2 sdm blueberry palleta (selai blueberry yang halus), cairkan dengan 1 sdm air panas (ini smua aku skip)

Cara Membuat :
1. Panaskan kukusan, bungkus tutupnya dengan serbet supaya air tidak menetes di adonan.
2. Campurkan semua bahan kecuali pasta, mixer kurleb 10 menit dengan kecepatan tinggi untuk mixer besar. Kalo pake handmixer sekitar 20-30 menit.
3. Beri warna sesuai selera. Cukup 1-2 sendok makan adonan untuk masing-masing warna.
4. ambil cetakan, tuang adonan warna putih kemudian warna lain berselang-seling.
5. Kukus kurleb 10-15 menit (api besar).

Tips dari aku : Baca dan pahami resep dengan benar. Kalo tidak maka akan gagal seperti ini


Lihat tuh bedanya. Yang satu merekah sempurna, yang satu gak mau merekah.
Selidik punya selidik ternyata pengukusan tahap pertama ada kesalahan. Karena tutup kukusanku ada kacanya, maka begitu kelihatan merekah aku langsung kegirangan dan aku buka tutupnya karna aku pikir sudah matang, ternyata oh ternyata....begitu aku buka tutup kukusan lha koq adonan langsung kuncup gitu.....hikssss....hiksss....pengen nangis deh rasanya. Ternyata bolkus belum matang alias bantat....hoaaaaaaa.....

Gak mau gagal lagi, pengukusan selanjutnya aku perhatikan b etul waktu pengukusannya, dan hasilnya.....trararararar....berhasil....nberhasil...horeeee....aku terbebas dari kutukan Blokus....hahahahah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar